""munculkan lah kelebihan mu biar tau apa yang dimaksud hidup,
cap lah diri ini sebagai orang yang optimis biar tercipta tujuan hidup"

Senin, 05 April 2010

pengetahuan lingkungan

AZAZ-AZAZ LINGKUNGAN
Asas 1 : Semua energi yang memasuki jasad hidup, populasi atau ekosistem dianggap sebagai energi yang tersimpan atau yang terlepaskan. Energi dapat diubah dari suatu bentuk ke bentuk lain, tetapi tidak dapat dihilangkan, dihancurkan atau diciptakan → ≈ hukum termodinamika pertama yang sering juga disebut dg hukum konversi energi. .
Hukum termodinamika I : jumlah energi dalam alam semesta adalah tetap (konstan), artinya jumlah energi itu tidak dapat bertambah atau berkurang atau dengan kata lain energi tidak dapat diciptakan dan dimusnahkan.
Sebagai contoh : proses fotosintesis, energi yang diserap dari energi matahari dirubah menjadi energi kimia yang tersimpan dalam molekul gula glukosa.
Asas 2 : Tak ada system pengubahan energi yang betul-betul efisien → ≈ hukum temodinamika kedua. .
Asas 3 : Materi, energi, ruang, keanekaragaman dan waktu, semuanya termasuk kategori sumber alam.
Sumber alam : segala sesuatu yang memungkinkan organisme hidup untuk meningkatkan pengubahan energi. Pengubahan energi oleh system biologi berlangsung pada kecepatan sebanding dengan adanya materi dan energi di alam lingkungannya.
Pengaruh ruang dalam pengubahan energi ≈ materi dan energi sebagai sumber alam, karena ruang dapat menentukan perkembangan populasi jasad hidup (sebagai contoh : ruang yang terlalu besar mengakibatkan jarak antara individu dalam sebuah populasi terlalu jauh sehingga proses pembiakan yang terjadi kecil, dan sebaliknya).
Waktu merupakan sumber alam yang tidak berdiri sendiri, dimana dipengaruhi oleh ruang dan energi (misal : hewan mamalia di padang pasir pada saat musim kering, dimana mereka pindah ke tempat lain yang ada sumber air, keberhasilannya ditentukan oleh cukup tidaknya waktu dan energi yang tersedia untuk mencapai daerah tujuan.
Keanekaragaman merupakan juga sumber alam, dimana semakin beranekaragam jenis makanan suatu spesies makin kurang bahaya bagi spesies tersebut untuk beradaptasai dengan perububahan lingkungan (seperti manusia) , dan sebaliknya.

Tidak ada komentar: